JANGAN TAKUT MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

 UJIAN NASIONAL

Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN ulangan ditidakan. Adapun ujian sekolah diadakan sebelum pelaksanaan UN.
Demikian perubahan yang terungkap dalam sosialisasi kebijakan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Jakarta, Kamis (17/12).
Kegiatan tersebut selain untuk mensosialisasikan juga meminta masukan soal perubahan UN dari dinas pendidikan kota/kabupaten dan perguruan tinggi.Pemerintah memnag telah memgang formula baru. Namun, sebelum ditetapkan secara resmi, pemerintah dan BSNP meminta masukan dari daerah apakah perubahan dalam pelaksanaan UN 2011 bisa diterima dengan baik.
Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan dengan adanya formula baru yang mengevaluasi siswa secara komprhensif selama tiga tahun belajar, polemik UN yang muncul tiap tahun diharapkan bisa berhenti. "Kita nantinya mesti lebih fokus pada apa yang perlu dikerjakan atau diperbaiki dari hasil UN," ujar Nuh.
Ketua BSNP Djemari Mardapi mengatakan penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu. Untuk itu, penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah.
Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.
Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN.
Nuh mengatakan bobot UN mesti lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan. Pasalnya, dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.
Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3.
Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas Mansyur Ramli mengatakan penilaian kelulusan siswa tidak lagi hasil potret evaluasi sesaat. Penilaian dilakukan selama proses belajar siswa di sekolah. 
 Apakah ujian nasional itu..?

       Ujian Nasional (UN) merupakan istilah bagi penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berbagai polemik yang berkepanjangan mengenai Ujian Nasional di Indonesia tampak baik bagi demokrasi di negeri ini. Tapi satu hal yang jangan terlupa bahwa siswa peserta UN jangan sampai dibuat ragu atau takut tentang kepastian Ujian Nasional sebagai sarana untuk mengukur kemampuan mereka di bangku sekolahnya. Walaupun UN mengundang pro dan kontra tapi hendaknya tetap di jalur yang semestinya, karena bagaimana pun para siswa terutama siswa SMA / MA adalah para calon Agent of Change yang akan berperan untuk membawa perubahan-perubahan konstruktif bagi negeri ini. Oleh karena itu agar keraguan berkurang di kalangan dunia kependidikan, kami dari Tim Ujian Nasional mencoba menyampaikan beberapa hal yang dipandang penting terutama dalam hal dalam kebijakan UN 2011 yang tentunya diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa agar mereka cukup persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional 2011.Kami persembahkan Situs ini untuk kemajuan Bangsa Indonesia khususnya di bidang Pendidikan. Tim Ujiannasional.org didukung oleh Admin yang berpengalaman di bidang pendidikan pada umumnya.





Penentuan kelulusan siswa SD/MI untuk tahun ini diubah pemerintah pusat sehingga hampir mirip sama dengan SMP/MTs dan SMA/MA. Kelulusan ditentukan nilai sekolah (NS) dan nilai akhir (NA). Perubahan ini sangatlah penting untuk disosialisasikan kepada para orang tua/siswa di mana pun berada.
Sebagaimana kita maklumi bahwa pada tahun 2010 dan tahun-tahun sebelumnya ketentuan kelulusan UN SD (UASBN SD/MI) lebih lunak, murid sekolah dasar yang mendapat nilai ujian akhir sekolah berstandar nasional lebih rendah dari nilai kelulusan minimal tetap punya kesempatan lulus. Kesempatan itu didapat jika dalam proses pembelajaran sehari-hari pelajar berprestasi baik.
Sekolah punya wewenang meluluskan anak itu. Ini dilihat dari nilai harian dan latar belakang kegagalannya di ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN).
Kemampuan akademis murid akan lebih tercermin dari nilai harian pelajar daripada hasil UASBN. Hasil UASBN sangat bergantung kondisi dan permasalahan yang dihadapi pelajar saat ujian.
Bank Soal UN Gratis
Download Soal UN SMA, SMP, SD, SMK, UN Paket
soal-un.blogspot.com
5-6 Paket Latihan Soal UN 2011
Pelajari 5-6 Paket Latihan Soal UN 2011 dilengkapi Pembahasannya
pmdk.blogspot.com
Koleksi Belajar Bahasa Inggris
Download Latihan Soal Bahasa Inggris UN dan Seleksi PTN
English Courses
Situs Ujian Nasional 2011
Download Latihan soal dari Situs Ujian Nasional 2011
Ujian Nasional
Belajar Matematika
Koleksi Latihan Matematika UN dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Kursus Matematika
Materi UN Sesuai Kisi-kisi
Penjelasan Materi UN 2011 sesuai kisi-kisi dilengkapi latihan Soal dan Pembahasannya
ujian-nasional.com
Pada saat itu standar kelulusan untuk tingkat SD dibuat lebih lunak daripada SMP dan SMA. Beberapa dinas pendidikan di daerah seperti contohnya di Ciamis tidak memberi batas pada penetapan standar kelulusan tersebut sehingga sekolah bebas menentukan standar sendiri.
Tetapi tahun 2011 ini berbeda jauh, penentuan kelulusan SD/MI pada tahun ini menerapkan NS dan NA. NS diambil dari 60 persen ujian sekolah dan rata-rata nilai raport dari kelas empat sampai kelas enam. Sedangkan NA diambil dari 60 persen nilai UN tiga mata pelajaran dan 40 persen dari NS.
Baik NS maupun NA harus dikirimkan kepada Dinas Pendidikan kabupaten/kota pada 1-5 Juni. Pengumuman kelulusan pada 17 Juni mendatang. Diperkirakan penentuan penerimaan siswa baru untuk SMP dan MTs negeri dari nilai UN.
Dengan adanya sistem baru, pihak sekolah dituntut bekerja lebih keras lagi. Sekolah harus menghitung rata-rata nilai raport dari kelas empat sampai kelas enam. Belum lagi dengan menghitung nilai US dan UN sehingga menjadi NA.
Diolah oleh Asep Dewan : copyright@ujiannasional.org

Artikel Terkait

Tags:
Posted in UN 2011

One Response to “Sistem Kelulusan UN SD Berubah”


maaf sebelumnya,,,sbenarnya menambah2kan paket soal dalam ujian nasional itu tidah menjamin ,,justru anak2 akan lebih merasa tegang dan tidak kosen dalam mengerjakan soal….bahkan bisa membuat meningkatnya anak remaja yang bunuh diri hanya dikarenakan un,,,,,saya sangat tidak setuju oleh perubahan ini


Leave a Reply








Post a Comment

PUTUH AKU

JUMLAH JEMAU SINGGAH

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

BUNGAU DUSUN

WELCOME TO MY BLOGGER,SOMETHING OF IMPORTANT AVAILABLE IN HERE

TINGGALKELAH PESAN

CREATE BY : BUJANG

MENU SPECIAL

Powered by Blogger.

TRANSLATE

PESAN JEMAU TUAU

Nak,amun nanti kaba merantau jauh,mak harap jangan lupau balik.. Empuk lemak didaerah jemau masih lemak didaerah sendighi.. Ingat katau mak ni..

MPAI DIPOSTKAH

JAM MBAK KINI

MPAI DIPOSTKAH

Search